Jumat, 23 September 2011

Inilah Bahaya Hantaman Satelit NASA ke Bumi

Bahaya Hantaman Satelit NASA ke Bumi-NASA memperingatkan warga yang menemukan puing Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) agar tak menyentuhnya seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa Satelit Seberat 6,5 Ton Akan Menghantam Bumi. Benarkah puing ini berbahaya bagi manusia?
Menurut Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dari segi material, puing satelit yang jatuh tak berbahaya.


“Pada puing tak ada radiasi serta bahan kimia berbahaya,” ujarnya saat diwawancara INILAH.COM via telepon (23/9). Namun di mana tepatnya puing akan menumbuk Bumi belum bisa dipastikan secara akurat.
“Posisi tumbukan baru bisa diketahui dua jam sebelum menumbuk Bumi,” paparnya.
Seperti diketahui, sebanyak 26 puing dengan satu puing seberat 130 kg akan menumbuk Bumi.
Puing-puing ini akan menghujani Bumi di area seluas 400-500 kilometer. Meski begitu, NASA dan LAPAN menekankan, kesempatan puing membahayakan manusia sangat kecil.
“Kemungkinan puing jatuh di laut, gunung dan gurun. Karenanya, kesempatan puing mengenai manusia sangat kecil,” ujar pria yang akrab disapa Thomas itu.
Diperkuat NASA, badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu menyatakan, kesempatan puing mengenai manusia 1:3200.(inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar