Minggu, 11 September 2011

Tips Menawar Harga Barang

Tips Menawar Harga Barang-Yang namanya menawar barang memang merupakan kewajiban dalam berbelanja. Siapa tahu, dengan menawar kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada biasanya. Apalagi kalau sedang ‘mborong’, rugi dong kalo gak dapet diskon
Tapi kalo salah menawar, bisa-bisa di pembeli malah cuek dan marah dengan sikap kita. Yang ada, barang tersebut malah gak jadi dijual. Seandainya dijual pun, harga bisa naik saat kita kembali untuk yang kedua kalinya.

Berikut tips menawar harga barang yang benar:


Hindari penampilan ‘kaya’

Penjual biasanya menilai status sosial calon pembelinya dari apa yang dikenakan, dipakai dan dibawa. Misal nih kamu menawar baju seharga 200ribu menjadi 180ribu, tapi saat datang, kamu sedang menggunakan iPhone 4, atau mengendarai mobil Honda Jazz. Kalau sudah begitu, sulit untuk mendapatkan harga murah karena kamu sudah dicap kaya.

Tips: Parkirlah jauh dari lokasi kamu berbelanja nantinya. Atau, simpan hape dan barang-barang mewahmu saat berbelanja.

Bahasa yang nyambung
Membeli dengan bahasa lokal, pasti akan dapat harga yang lebih murah. Karena kamu akan dianggap menghargai, dan mengenal budaya mereka. Bila perlu, ajak temen yang bisa bahasa lokal untuk menjadi guide dadakan.

Tanyakan darimana asalnya
Bila kamu merasa si penjual juga orang asing, tanyakan darimana ia berasal. Berapa lama ia berjualan dan apakah tokonya rame. Pertanyaan sederhana ini efektif untuk menjadikan si penjual tak bosan dengan kehadiranmu yang sekadar melihat-lihat. Jika ternyata kamu sekota dengan si penjual, bisa jadi kalian akan lebih akrab dan si penjual bakal memberikan harga murah karena merasa ‘sekampung seperjuangan’.

Tanyakan harga per potong
Jangan langsung menanyakan harga untuk pembelian banyak. Tanyakan dulu harga pas per potong atau per biji nya. Berikan kesan bahwa kamu pasti beli jika harganya sesuai dengan budget. Setelah harga diberikan, tanyakan harga per pengambilan banyak, misal kamu mau beli 5 baju sekaligus.

Tips: Saat penjual menanyakan ‘berani berapa?’, jangan menjawab dulu. Biarkan si penjual yang memberikan harga pas nya. Setelah itu, tawar lagi di bawah harga itu.

Mencari pembeli lain
Jika harga yang diberikan masih tidak sesuai keinginan, cobalah berpaling ke toko lain. Hal ini akan membuat si penjual menjadi khawatir kehilangan kamu. Tapi jika ia diam saja tanpa memanggilmu kembali, bisa jadi harganya memang sudah gak bisa kurang. Keep on going, cari penjual lain terlebih dahulu.

Dalam menawar harga, kamu juga harus memikirkan perasaan si penjual. Jangan menggunakan kata-kata kasar, sok tahu, menghakimi atau membanding-bandingkan dengan kios sebelah. Biarkan si penjual yang menerka-nerka sendiri. Tetaplah fokus pada harga yang kamu inginkan.

Meski trik ini sudah diketahui oleh penjual, tapi trik ini tetap trik yang jitu. Bagaimanapun juga, penjual dan pembeli sama-sama saling membutuhkan [faktabukanopini.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar