Senin, 03 Oktober 2011

Inilah 15 Kampus Terindah di Amerika

Inilah 15 Kampus Terindah di Amerika-Banyak alasan sesorang memilih suatu kampus sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Baik, reputasinya di bidang akademik, prestasi di bidang olahraga, pilihan orangtua, ikut-ikutan teman, atau mungkin sekadar bangunan kampus yang sangat indah dan menarik untuk dikagumi.

Tahukah kamu jika kampus di Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu karya terbesar Frank Llyod Wright? Mahasiswa di Southern Florida College, Florida menghargai karya arsitek ternama tersebut dengan menghabiskan hari-hari mereka mengembara di antara 12 gedung yang ada di kampus tersebut.

Bahkan, berkat upaya pelestarian yang dilakukan oleh kampus ini, bangunan yang telah berumur 81 tahun tersebut bisa tetap indah seperti saat pertama kali dibangun.

“Tentu saja yang membuat ruang kampus sangat indah adalah kehidupan di kampus itu sendiri. Mahasiswa yang duduk di alun-alun kampus untuk belajar bersama atau stadion kampus yang penuh dengan semangat sekolah,” ujar Jennifer Amster, Kepala Kolaborasi Arsitektur Brown Jurkowski seperti dikutip dari Forbes, Senin (3/10/2011).

Maka, tidak jarang estetika atau keindahan kampus yang menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi seseorang untuk memilih tempat kuliah. Di AS, terdapat beberapa kampus yang dinobatkan sebagai kampus terindah. Check this out.

1. Florida Southern College.

Kapel Annie Pfeiffer karya Lloyd Wright yang ada di kampus yang berlokasi di Lakeland, Florida ini memiliki tujuan agar kampus ini menjadi lentera cahaya. Untuk usaha yang dilakukan dalam melestarikan bangunan ini, Florida Southern College dimasukkan dalam daftar kampus terindah di AS.

2. College of the Atlantic, Bar Harbor, Maine.

Komitmen yang teguh dan jangka panjang dalam pelestarian lingkungan membuat kampus ini indah dalam berbagai cara. Areal kampus ini meliputi lahan pertanian, hutan, dan perkebunan. Sekolah ramah lingkungan tersebut memiliki komitmen serius untuk menjaga kelestarian bumi, yakni dengan mendaur ulang 100 persen kertas yang digunakan dalam perkuliahan serta menggunakan cat dinding bangunan yang rendah VOC.

3. Illinois Institute of Technology, Chicago.

Berbeda dengan kampus di AS pada umumnya, kampus di bawah pimpinan arsitek Ludwig Mies van der Rohe ini dirancang dengan penekanan pada bahan-bahan industri, seperti baja dan kaca. Penampilan pabrik dan gudang menjadi inspirasi bangunan yang diakui sebagai salah satu dari 200 karya arsitektur penting di AS. Hal ini dikukuhkan oleh American Institute of Architects.

4. Furman University, Greenville, South Carolina.

Keindahan alam di South Carolina, taman kampus yang bernuansa Asia, dan kuil Budha atau sekarang di sebut Tempat Kedamaian dapat menjadi alasan untuk memilih kampus ini sebagai tempat mengenyam pendidikan selama empat tahun ke depan.

5. University of Washington, Seattle.

Ingin tinggal di daerah perkotaan namun tetap bisa menyaksikan pemandangan pegunungan yang tertutup salju? University of Washington menawarkan indah ini dan banyak hal lainnya. Meski memiliki reputasi akademik yang tinggi, lingkungan kampus tidak mementingkan diri sendiri dan dituntut untuk membaur dengan lingkungan di sekitarnya. Kerendahan hati yang ada di kampus ini membuatnya masuk sebagai kampus terindah di AS.

6. Swarthmore College, Swarthmore, Pennsylvania.

Tanggung jawab sosial kampus ini dalam kontribusinya untuk kehidupan manusia yang lebih baik, menjadikan Swarthmore College sebagai salah satu kampus terindah di AS. Hal ini terlihat dari tiga atap bangunan di kampus ini yang seluas 14.300 kaki persegi telah dikonversi berupa atap hijau. Bahkan atap yang keempat diperuntukan bagi Lang Performing Arts Center.

7. Scripps College, Claremont, California.

Arsitektur bergaya Kebangkitan Mediteranian karya Gordon Kauffman bagi kampus khusus wanita ini lebih dari sekadar desain untuk sebuah kampus. Dia menciptakan dunia. Sebut saja, tembok pada bangunan, gerbang besi tempa, lengkungan, air mancur, taman, dan lukisan dinding ala Meksiko pada transportasi untuk mahasiswa. Ditambah berbagai pohon rindang yang menarik perhatian, seperti almond, jeruk, sycamore, dan liquidambar.

8. University of Virginia, Virginia

Arsitek Universitas of Virginia (UVA), David Neuman mengungkapkan, “Sebuah kampus yang indah didefinisikan oleh selera susunan bangunan dan tata letak, meskipun tidak selalu berati sudut yang tepat.”

Menurutnya, harus terdapat ruang hijau sebagai area istirahat yang tidak hilang dari hari ke hari serta mahasiswa dapat merasa nyaman layaknya berada di rumah. Di UVA, kamu bisa mendapatkan semua itu

9. Rhodes College, Memphis, Tennessee.

Di kampus ini, tidak akan dijumpai tempat parkir yang luas. Pasalnya, lahan yang tidak diratakan tersebut digunakan untuk membangun perpustakaan baru dan alun-alun bergaya Oxbridge. Sebuah desa gothic Inggris menjadi inspirasi gaya bangunan dan tata letak kampus ini.

10. Evergreen State College, Olympia, Washington.
Di kampus ini, mahasiswa belajar bahwa tangan kotor adalah hal yang indah. Terletak di lebih dari sekira 1.000 hektare (ha) tanah yang belum dikembangkan di sepanjang pantai Puget Sound, memberikan siswa lingkungan alam langsung untuk belajar dan meneliti. Bahkan, Evergreen State juga memiliki pertanian ikan salmon organik.

Selain menjadi pemimpin dalam pendidikan hijau, kampus ini memiliki nilai akademik yang kuat dalam pencapaiannya menjadikan dunia lebih baik, dari segi lingkungan dan sosial.

11. Sweet Briar College, Virginia.
Sebanyak 21 bangunan yang ada di sekolah seni khusus perempuan ini, masuk dalam daftar 30 bangunan nasional bersejarah yang sebagian besar dirancang oleh Ralph Adams Cram. Di kampus ini tersedia area berkuda bagi mahasiswa seluas 130 hektare (ha). Mengendarai kuda dengan Gunung Blue Ridge sebagai latar belakang pemandangan, bukan hal yang buruk kan?

12. University of North Carolina at Chapel Hill, Chapel Hill, North Carolina.
Hamparan hijau yang mempersatukan seluruh bangunan yang ada di kampus ini, membuat University of North Carolina berada di daftar universitas terindah di AS.

13. Lewis and Clark, Portland, Oregon.

Lewis and Clark yang berlokasi di Portland, Oregon memiliki 137 ha untuk are hutan kampus yang berdampingan dengan Cagar Alam Tryon Creek seluas 600 ha. Kondisi lingkungan yang bernuansa alam ini berpadu dengan arsitektur bersejarah. Namun, Gunung Hood yang menjadi pemandangan di sekitar kampus ini akan membuat kamera mahasiswa tidak berhenti memotret.

14. Kenyon College, Gambier, Ohio.

Kenyon College merupakan surga bagi para pelajar yang menyukai berbaur dengan pepohonan, alam, hamparan rumput yang luas, serta arsitektur bergenre gothic. Yang membuat kampus ini indah adalah bangunan yang ada merupakan perpaduan bangunan sederhana namun memiliki nilai sejarah yang tinggi.

15. University of Cincinnati, Cincinnati, Ohio.

Selama 20 tahun terakhir, universitas ini telah berkomitmen kuat pada identitas arsitektur kontemporer dan modern. Dengan mendapuk beberapa arsitek baru di dunia, kampus ini menjadi semakin indah. (Sumber: Okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar