Senin, 05 September 2011

Segera Hadir, Mobil Tenaga Nuklir

Segera Hadir, Mobil Tenaga Nuklir-Pengembangan teknologi nuklir tidak hanya pada persenjataan saja. Hal tersebut dibuktikan oleh perusahaan Laser Power Systems (LPS) yang sedang mengembangkan sebuah kendaraan bertenaga nuklir.


Seperti dilansir Autoblog, para ilmuwan dari perusahaan penelitian dan pengembangan LPS mengembangkan teknologi turbin baru yang digerakkan dengan dari menggunakan senyawa Thorium. Thorium merupakan logam dengan kandungan radio aktif level menengah dengan bobot atom 90.

Cara kerjanya, Thorium di laser agar menghasilkan panas yang nantinya akan menghasilkan uap dalam sistem close-loop. Uap tersebut akan menggerakkan turbin dan memutar generator untuk menghasilkan listrik.

Untuk melindungi dari radiasi ringan Thorium maka digunakan lembaran aluminium foil dan elemen tersebut tidak dapat menjadi bahan senjata sehingga sangat cocok sebagai sumber tenaga kendaraan.

Para ilmuwan mengatakan, hanya dengan 8 gram thorium mampu menggerakkan mobil hingga jarak 300 mil atau sekira 482803.2 km. Ternyata sebelum LPS mengumumkan pengembangan nuklir sebagai bahan bakar kendaraan, produsen mobil Amerika Serikat, Cadillac, pernah memperkenalkan kendaraan tenaga thorium yang disebut World Thorium Fuel Concept di Chicago Auto Show 2009.(okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar