Kamis, 15 September 2011

Inilah Cara Baru Deteksi Dini Autisme Pada Anak

Cara Baru Deteksi Dini Autis Pada Anak-Berdasarkan penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan metode yang secara akurat dapat mengidentifikasi tanda biologis autisme pada anak. Seperti apa ?
Seperti diketehui,pada usia 3-4 tahun penyebab biologis autisme dan diagnosis autisme baru dapat teridentifikasi melalui tes subjektif dan berdasarkan gejala perilaku.

Karenanya, dengan memindai aktivitas otak anak-anak kala tidur, para ilmuwan di Weizmann Institute of Science Mellon, Carnegie University dan University of California, San Diego, menemukan bahwa otak anak autis memiliki sinkronisasi secara signifikan lebih lemah pada daerah otak yang terkait dengan bahasa dan komunikasi jika dibandingkan dengan anak yang nonautistik.

Seperti dikutip dari Dailymail, Dr. Ilan Dinstein, seorang ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitian tersebut menjelaskan bahwa mengidentifikasi tanda-tanda biologis autis telah menjadi tujuan utama bagi banyak ilmuwan di seluruh dunia, baik karena mereka dapat memungkinkan diagnosis dini dan karena mereka dapat memberikan peneliti petunjuk penting tentang penyebab dan perkembangan gangguan ini.

"Dalam tidur balita autis, hasil scan menunjukkan tingkat sinkronisasi antara daerah otak kiri dan kanan yang berhubungan dengan kemampuan bahasa dan komunikasi mengalami penurunan,"jelas Dinstein.

Pola ini tidak terlihat pada anak-anak dengan perkembangan normal atau pada mereka dengan perkembangan bahasa tertunda tapi tidak autis. Bahkan, para peneliti menemukan bahwa sinkronisasi ini sangat terkait dengan kemampuan anak autis untuk berkomunikasi. Semakin lemah sinkronisasi, semakin parah adalah gejala autisme.

Berdasarkan hasil pemindaian pula, para ilmuwan mampu mengidentifikasi 70% anak-anak autis antara usia 1 dan 3 tahun. (inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar